Rabu, 22 Juli 2015

5 HAL PENTING SAAT NG-KOST

Standard

Assalamualaikum wr wb,
Puji syukur hanya kepada ALLAH S.W.T, 
Sholawat serta salam , semoga selalu tercurah limpahkan kepada Nabi Muhammad S.A.W,


Baiklah , saya sebagai penulis di postingan kali ini ingin membagikan sedikit pengalaman mengenai NG-KOST. Untuk sebagian besar orang yang pernah merantau , baik itu tujuan untuk bekerja atau pun menuntut ilmu , yang mana mereka harus pindah dari kota asal nya menuju kota lain dalam menyelesaikan niatan mereka tersebut, kata NG-kost , mungkin sudah taka sing lagi. Biasanya untuk hidup di Kost-Kost an ini kita membutuhkan sedikit persiapan. Nah untuk itu , saya ingin share sedikit pengalaman yang saya dapatkan dari kehidupan kost ini.

Terutama untuk kalian calon mahasiswa angkatan 19 Bogor EduCare yang akan menggantikan kami angkatan 18. Setiap kost-kost an pastinya berbeda di setiap kebutuhannya, langsung saja kita mulai dari Kost-kost an yang saya tempati saat ini.

BORAK BRADAH… berjarak tidak terlalu jauh kurang lebih 3 menit jalan kaki dari kampus ,sebenar nya ini adalah sebuah kontrakan , yang terdiri dari 3 susun bangunan secara berbaris kesamping . Kontrakan yang kami tempati berada di tengah-tengah , yang di apit 2 kontrakan lainnya.Gambaran tentang kontrakan ini ,



 yaitu terdiri dari Ruang tamu yang cukup luas, 2 buah ruangan kamar , ruang tengah sekaligus dapur untuk kami masak, dan WC yang berukuran 2x2 meter.



Nah untuk kalian yang ini menggantikan kami untuk menempati kontrakan ini, saya menyarankan hal-hal di bawah ini :

1. Teman
Hal yang sangat penting ketika kita berniat untuk belajar, carilah teman yang sama-sama mempunyai niatan untuk belajar dan memiliki motivasi tinggi untuk menuntut ilmu. Dikarenakan kampus tercinta memiliki sejuta tugas-tugas yang nantinya akan kalian kerjakan setelah pulang kampus, teman ini sangat berpengaruh besar. Kalian akan saling mengingatkan dan berdiskusi bersama tentang tugas-tugas yang hendak kalian selesaikan . 
Seperti nasehat rosulullah saw, ketika kalian bergaul dengan seorang pandai besi maka kalian akan mendapatkan cipratan api dari pandai besi tersebut, sama ketika kalian bergaul dengan seorang penjual parfum, maka kalian akan mendapatkan wangi yang harum. Bentuk lah Grup yang terdiri dari 6 orang untuk sama-sama berjuang Tolabul Ilmi di Bogor EduCare.




2. Perabotan
Nahh kalian harus patungan dalam mengisi prabotan , kalo menurut saya sih yang terpenting 
a. Kompor dan tabung gas
b. Penggorengan dan panic
c. Dispenser dan gallon 
d. Ricecooker
e. Bak dan ember
f. Sapu dan pel
g. Kasur/ karpet tidur

Sebenarnya masih banyak sih yang harus kalian pikirkan untuk hidup mandiri, toh dengan kalian berada di dalam satu rumah, sedikit demi sedikit akan mengerti keperluan apa saja yang kalian butuhkan. Nikmati dan jalankan saja 
grin emotikon
, harus ada salah satu dari kalian yang menjadi pemimpin yang mengatur dan mengelola , dan untuk pembagian tugas dalam membawa prabotannya silahkan di atur sendiri saja .




3. Mental
Hal ini sangat penting , di karenakan kalian akan jauh dari orang tua kalian, kalian akan berada di luar zona nyaman yang selama ini kalian terlena dan nikmati . mental ini akan menentukan pola pikir dalam bertahan hidup seperti bagaimana dengan uang yang pas-pasan bisa tetap makan untuk kalian yang tinggal disana . tentang sikap keegoisan dan berbagi di tentukan dari mental setiap individu di satu rumah tersebut. Tapi tenang saja, saat kalian di mom , kalian akan belajar merasakan apa yang dirasakan orang lain, kalian akan belajar bekerja sama dalam tim , bersosialisasi di lingkungan , etika dan etitude
.
4. Niat

Inama amalu bi niat, setiap amal sesungguh nya tergantung niat nya. Nah hal ini sangat berpengaruh besar dalam kehidupan sebagai anak perantauan. Satukan niat dan tekad kalian dan kalian akan bisa bertahan di dalam menuntut ilmu di bogor educare.
5. Keuangan

Hal yang amat penting , segalanya butuh uang tapi tidak semua hal bisa di beli dengan uang.

0 Tanggapan pemirsa:

Posting Komentar