Senin, 08 Juni 2015

Surat Resmi Pribadi - Ini Penjelasannya.

Standard


Baiklah sobat Blog sekalian , kali ini saya akan memberikan postingan tentang materi surat . banyak jenis sebenarnya dalam surat menyurat seperti  surat pribadi, surat resmi, surat niaga, surat perjanjian, surat legal dll. Tapi kali ini saya akan posting surat Resmi Pribadi. Silahkan di lihat dan di pelajari penjelasan di bawah ini :

     SURAT RESMI PRIBADI

A.   PENGERTIAN SURAT RESMI PRIBADI
Surat Resmi Pribadi adalah surat yang ditulis individu atau perorangan yang di tujukan kepada lembaga atau instansi dengan tujuan tertentu sesuai dengan maksud tertulis. Contoh dari surat resmi pribadi adalah surat lamaran pekerjaan yang dikirimkan seseorang untuk instansi            dengan tujuan melamar pekerjaan
.

B.   JENIS-JENIS SURAT RESMI PRIBADI

Jenis-jenis surat pribadi resmi :
1.      Surat Izin Sekolah
Surat Izin Sekolah yaitu surat yang digunakan untuk meminta izin tidak mengikuti pelajaran karena alasan tertentu. Misalnya sakit, pergi mengikuti lomba dan sebagainya.
2.      Surat Izin Kerja
Surat Izin Kerja yaitu surat yang digunakan untuk tidak bekerja karena ada alasan. Misalnya sakit, orang tua meninggal dan sebagainya.
3.      Surat Izin Pindah Sekolah
Surat Izin Pindah Sekolah yaitu surat yang ditujukan kepada kepala sekolah untuk meminta surat rekomendasi yang digunakan untuk pindah sekolah dengan alasan tertentu. Misalnya mengikuti orang tua yang pindah.
4.      Surat Lamaran Pekerjaan
Surat Lamaran Pekerjaan yaitu surat dari seseorang kepada instansi atau perusahaaan untuk melamar menjadi karyawan di tempat tersebut.
5.      Surat Permohonan
Surat Permohonan yaitu surat yang ditujukan kepada atasan untuk meminta sesuatu. Misalnya surat permohonan izin, cuti kuliah, maupun permohonan dana.
6.      Surat Keterangan
Surat Keterangan yaitu surat yang berisikan keterangan tentang suatu hal yang digunakan untuk tujuan tertentu. Misalnya saja surat keterangan tidak mampu.
7.      Surat Pernyataan
Surat Pernyataan yaitu surat yang berisikan pernyataan seseorang tentang suatu hal. Misalnya surat pernyataan kesediaan untuk melakukan KKN ditempat yang telah ditentukan oleh universitas.
8.      Surat Perjanjian
Surat Perjanjian yaitu surat yang berisi perjanjian antara individu dengan tujuan tertententu.misalnya surat perjanjian pinjaman uang yang biasanya disertakan materai.

                                      C.   Berdasarkan Arah
Pribadi / Perseorangan     è    Instansi , organisasi , perusahaan , dinas.
Instansi, organisasi, perusahaan , dinas      Ã¨  Pribadi / Perseorangan.
        Pribadi è Instansi
o    Surat Lamaran Pekerjaan ( Permohonan)
o   CV/ Riwayat Hidup (Keterangan)
o   Pengunduran Diri (Pernyataan)
o   Surat Referensi Pribadi ( Keterangan)
“ Biasanya surat dari perusahaan sebelumnya untuk menggambarkan dirinya dalam bekerja / menyelesaikan pekerjaannya. "
        Instansi è Pribadi
o   Surat Panggilan Test
o   Surat Panggilan Wawancara
o   Surat Panggilan Kerja (biasanya menggunakan email sudah jarang menggunakan surat)
o   Surat Penolakan Lamaran Kerja
o   Surat Peringatan



                                          D.   CONTOH SURAT RESMI PRIBADI

Contoh 1 : Surat Pindah Sekolah
SURAT PERMOHONAN  ORANG TUA /WALI

Yang bertanda tangan dibawah ini Orang Tua /Wali

Nama                           : Ade sutarsan
Umur                           : 39 tahun
Pekerjaan                     : PNS
Alamat                                    : Kp. Ciketing asem jaya                    
Mengajukan permohonan kepada Kepala SMK Binakarya Mandiri 2 Bekasi:
Nama                           : Windi andaresta
TTL                             : Jakarta, 21 Dessember 1996
No.Induk Siswa          : 13835
NISN                          : -
Kelas/Jurusan              : XII/IPS
Alamat                                    : Kp. Ciketing asem jaya
           
Telah mengajukan permohonan pindah sekolah ke SMK Binakarya Mandiri 2 Bekasi :  dengan alasan permintaan orang Tua/Wali Siswa.

Demikian surat permohonan ini saya buat untuk digunakan seperlunya.

                                                                                    Rabu, 7 Juli 2014

Kepala SMK Binakarya Mandiri 2                             Orang Tua/Wali Siswa                                                                                                                                          
Drs. Ida Rusmala R.M.Pd                                               Ade Sutarsan
NIP.  19650717                                                               199203 1015                                                                                                                                                                        





                                               
Contoh 2 : Surat Izin Kerja


Jakarta, 28 Maret 2014
Yth. Bapak Kepala Bagian Administrasi
Di Jakarta

            Dengan hormat,

            Dengan ini saya memberitahukan bahwa hari ini saya tidak dapat bekerja karena orang tua saya sakit dan saya harus menemani beliau , oleh karena itu, saya memohon maaf. Bersama ini saya sertakan pula surat keterangan dokter.

            Atas perhatian bapak saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,
                                                         Ardiansyah                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                                 

                                                                                                                                                                                               
Contoh 3 : Surat Lamaran Pekerjaan
Bali, 20 Maret 2014


Kepada Yth :

HRD PT NUSANTARA

Jl. Ahmad Yani No. 10 Singaraja Bali

Perihal : Lamaran kerja

Dengan Hormat

Berdasarkan informasi dari media cetak, koran Terpadu perihal lowongan pekerjaan di perusahaan tempat Bapak/Ibu pimpin. Melalui surat lamaran ini saya ingin mengajukan diri untuk melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin guna mengisi posisi yang dibutuhkan saat ini. 
Untuk melengkapi beberapa data yang diperlukan sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu pimpinan diwaktu yang akan datang, saya lampirkan juga kelengkapan data diri sebagai berikut :
1.Pas Photo.
2.Foto copy KTP
3.Daftar Riwayat Hidup
4.Foto copy Ijazah Terakhir
Demikian surat lamaran ini saya buat dengan sebenarnya dan atas perhatian serta kebijaksanaan Bapak/Ibu pimpinan saya mengucapkan terimakasih.



Hormat saya



Fahrur Rozi




Contoh 4 : Surat Permohonan Resign
Kepada ,
Yth. Direktur PT. Jin Sung Tech
Di
Tempat
Perihal : Surat Pengunduran Diri

Dengan Hormat ,
Bersama Surat ini saya yang bertandatangan di bawah ini :
Nama               :           ARDIANSYAH
NIK                 :           JST-0034
Jabatan            :           TEKNISI
Menyatakan bahwa saya mengundurkan diri dari status saya sebagai karyawan PT. Jin Sung Tech Terhitung Tanggal 26 Agustus 2014.
Adapun alasan saya mengundurkan diri adalah Untuk Melanjutkan Study (BEASISWA FULL ) di kota BOGOR.
Saya  mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah di berikan kepada saya selama ini. Saya juga mengucapkan permohonan maaf kepada seluruh karyawan/karyawati serta jajaran Managemen  PT. Jin Sung Tech , apabila  terdapat hal-hal yang kurang baik selama saya berkerja .
Saya berharap selalu PT.Jin Sung Tech dapat terus berkembang dan Selalu mendapatkan yang  terbaik .
Demikian surat pengunduran diri ini saya buat dengan sesungguhnya. Atas perhatian dan bantuannya saya mengucapkan terima kasih.
Hormat saya


Ardiansyah




Demikian sedikit postingan dari saya tentang surat Resmi Pribadi , dan semoga dapat menjadi referensi tugas dari anda sobat bloger sekalian dalam menyelesaikan tugas sekolah atau kampus, silahkan berkomentar jika masih kurang jelas dan ingin bertanya” , Terima Kasih , Wassalamualaikum Wr. Wb.  





0 Tanggapan pemirsa:

Posting Komentar