Selasa, 30 Juni 2015

Perpustakaan BOGOR EduCARE

Standard



Selamat datang saya ucapkan terlebih dahulu kepada pengunjung di blog ini. Dalam postingan kali ini saya mencoba memperkenalkan salah satu fasilitas di kampus BogorEducare, yaitu Perpustakaan. Setiap pergantian angkatan ke angkatan selanjutnya , kepengurusan semua fasilitas kampus akan di serahkan ke angkatan selanjutnya. Angkatan 17 adalah pengelola perpustakaan sebelumnya dan saya sebagai angkatan selanjutnya yaitu angkatan 18, mendapat kesempatan menjaga , mengelola , dan memberikan manfaat kepada semua mahasiswa BEC dan Dosen untuk peminjaman dan pengembalian buku.

Struktur organisasi Perpustakaan angkatan 18

Dalam organisasi pasti memiliki struktur  di dalam nya, begitu juga Perpustakaan ini. Perpustakaan di pimpin oleh dosen dan selanjut nya mahasiswa pilihan yang diberikan mandat untuk mengelola perpustakaan ini. Alhamdulilah saya terpilih menjadi salah satu anggota perpustakaan , sebagai Kepala bagian Sirkulasi .

 Berikut ini foto struktur dari organisasi perpustakaan angkatan 18 :
Paling atas adalah Supervisor/ kepala penanggung jawab dari perpustakaan , yaitu Miss Cussy (Khusnul Khotimah) . Kemudian pemimpin perpus angkatan 18 yaitu kang Adi Nur agustiana.
Dua sekretaris dan satu bendahara perpustakaan , 
Frina Utama, Ayu Fadilah , Nur Dwi andriani.

Divisi perpustakaan di bagi 3 bagian :

Yang pertama bagian Maintenance (M Sofyan anshor) , bertugas untuk menjaga dan merawat buku , serta membantu divisi sirkulasi dalam proses input dan output buku.

Yang kedua bagian Sirkulasi (Saya sendiri) , bertugas untuk mencatat peminjaman dan pengembalian buku sehari-hari nya dan setiap akhir caturwulan.

Yang ke tiga bagian Public relation(Raka Abi) , divisi ini bertugas untuk penyusunan acara hunting buku, setiap cawu nya perpustakaan menambah koleksi buku dari hunting di bookfair.

Menyenangkan bisa menjadi bagian dari anggota pengurus perpustakaan, disana banyak buku yang dapat kit abaca dan pinjam dengan lebih leluasa, tidak seperti mahasiswa BEC pada umumnya. Kami sebagai pengurus dapat meminjam buku lebih dari 3 sedang kan mahasiswa biasa maksimal 2. Kami pun mendapatkan waktu peminjaman lebih lama yaitu 10 hari , sedangkan mahasiswa biasa 5 hari. ^_^

Di akhir cawu 3 ini , divisi perpustakaan sedang mempersiapkan masa transisi kepengurusan dari angkatan 18 ke angkatan 19 , seperti biasanya nanti akan disaring untuk siapa saja yang berminat menjadi penerus pengelola Perpustakaan, semoga nanti yang terpilih mahasiswa yang dapat mengembangkan Perpustakaan lebih baik dari kami angkatan 18. Aamiin ^_^.

Program Kerja perpustakaan angkatan 18

Divisi Maintenance
Merubah layout rak buku
Mensortir buku yang tak baca/rusak
Merapihkan posisi penempatan buku

Divisi sirkulasi
Membuat daftar buku peminjaman dan pengembalian terbaru
Membuat membercard

Divisi Public Relation
Sumbang buku
Book fair cawu 1 dan cawu 2
Bedah Buku  dll.

Perpustakaan menjadi suatu magnet bagi mahasiswa , dikarenakan tempatnya nyaman untuk membaca buku , serta banyak koleksi buku pengetahuan di dalam nya, terlebih setiap 4 bulan sekali akan di tambah koleksi buku dari bookfair. Semoga kedepannya perpustakaan BogorEduCare menjadi semakin maju di tangan kepemimpinan yang baru.

0 Tanggapan pemirsa:

Posting Komentar