Sabtu, 22 Desember 2012

Battrey Cmos Problem - Analysa keliru

Standard
Assalamualaikum wr.wb
Salam Blogger Buat semua.

         Sebelumnya terimaksih telah berkunjung , sedikit share pengalaman saja kepada kalian semua yang telah mampir. Saya pernah menemukan masalah Troubleshooting PC yang lumayan Unik,saya beri nama " Masalah yang sama , belum tentu penyelesaian nya sama " . Oke kita langsung ke kronologis kejadiannya saja , Ini Tentang Trouble PC (Battry Cmos ) ,

         Ini kejadian saat pertama saya bekerja di salah satu perusahaan swasta di daerah cikarang, saat itu saya di bagian Teknisi Mesin SMT (Surfice Mounting Tehcnologi), karena saya alumni SMK Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan, Jadi masalah yang berhubungan dengan komputer tetap saya yang harus menghandel nya. Komputer yang mengalami trouble berada di salah satu perusahaan costumer dari PT tempat saya bekerja, Ini adalah Komputer mesin , Tepat nya mesin TSM (mesin yang di gunakan dalam suhu tinggi untuk me'melting pasta setelah proses Auto Placement dari mesin SMT) .

         Ketika datang kesana , Komputer sudah dalam keadaan diluar dengan casing yang sudah di bongkar, Oke langsung ke praktek pemeriksaan komputer yang bermasalah tadi .

Pertama yang harus di ketahui adalah kronologis kejadian nya sebelum terjadi problem seperti itu, kita harus menanyakannya ke orang yang bersangkutan ,dalam kasus ini saya menanyakan kepada teknisi yang standby di perusahaan ini, Ia menceritakan bahwa pada hari minggu mesin di trun off kan, karena tidak ada produksi , Setelah hari senin pagi-pagi di trun on untuk memulai proses produksi , Ternyata PC nya tidak ada tampilan di layar monitor. Mereka sudah mengganti kabel I/O dari monitor ke CPU nya bahkan sudah mengganti pula Monitor LCD nya. Procesor dan power suplay bekerja dengan normal, semua fan berputar normal, dan itulah kronologi masalah yang di hadapi disana saat itu (11-Oktober-2011) .Dikarenakan Urgent Mesin terpaksa di Modif menggunakan PC komputer bisa dengan terlebih dahulu manginstal semua software yang di butuhkan dalam menjalankan Mesin tersebut.

Action yang saya lakukan disana adalah sebagai berikut :


 1. Analysis suspect Trouble VGA Card :


 Kecurigaan saya saat itu adalah VGA Card nya ,
Karena dalam banyak kasus tidak ada tampilan di layar monitor (hanya blank hitam/no signal) itu terjadi karena kerusakan VGA Card yang ada di PC tersebut, Jika anda mengalami kejadian yang bisa anda pastikan VGA Card nya yang bermasalah bisa anda cabut dan anda pindahkan kabel coneksi VGA card ke VGA onboard di motherboard, Atau anda Coba Ganti dengan yang Baru, Pinjam saja punya Teman anda hehehe ( Itu juga jika teman anda mau meminjamkan Vga Card nya untuk test dalam mencari masalah komputer anda)hehehhe :D Oke kita kembali ke Cerita ini ! , ternyata VGA nya normal , sudah saya coba cabut dari soket nya, dibersihkan menggunakan penghapus untuk membersihkan pin/kaki-kaki nya, di coba di PC lain Result : OK  : Setelah mendapatkan Hasil dari VGA yang masih OK, saya Beralih ke komponen PC lain Yaitu RAM ,

2. Analysis Suspect Trouble RAM,



 Di bersihkan seperti yang saya lakukan di VGA Card kemudian di pasang kembali , tetap respon nya sama tidak ada tampilan di layar monitor MotherBoard :

3. Terakhir saya cek MotherBoard :



Dikarenakan Ini komponen yang bisa saja menjadi penyebab nya, karena semua Part/Komponen komputer terhubung di 1 papan/ Board ini , saya melakukan Cek Visual saja , Mencoba memastikan tidak ada kompenen LCO/Capasitor/transistor/chip-chip yang terlepas atau terbakar . Ternyata Tidak ada tanda-tanda aneh dari motherboard ini.

NOTE : saya tidak mengecek harddisk , karena sepengetahuan saya jika terjadi trouble di harddisk , saat awal booting di lakukan monitor akan menampilkan peringatan atau informasi jika memang harddisk bermasalah seperti NTLDR missing ini karena windows corrupt harus di instal ulang atau jika anda punya CD windows instalan yang sama dengan OS anda, bisa saja dengan me-repair nya saja. bisa juga tampilan awal jika hardisk bermasalah yaitu Blue Screen sehingga tidak dapat masuk ke windows.


 4. Configuration Cable : 



Hal terakhir sebelum akhirnya saya menyerah adalah mengecek Configurasi dari kabel-kabel yang menyambungkan semua komponen ke motherboard saya coba mengencangkan satu persatu Result : Still NG on Monitor Not respons Akhirnya jam istirahat sebentar lagi, PC tersebut di bawa ke Kantor Untuk Di perbaiki lagi setelah jam istirahat dan makan siang selesai setelah sholat , makan, dan istirahat sambil mencari referensi untuk menyelesaikan masalah pada PC ini pada MR.Google:

Ada satu artikel di sana yang menyarankan untuk mencoba mengganti Battrey Cmos nya.
dengan senyum di wajah saya, dan hati yang berharap agar hal terkahir yang saya coba ini berhasil, terus berdoa pada saat itu saya panjat kan heheh oke akhirnya saya ambil stok battrey Cmos di Stok Barang dan memasangkannya , setelah di coba menekan tombol power CPU , dan akhirnya Windows pun tampil ^_^ saya pun tersenyum puas !!

Ternyata masalah PC ini yang dari awal membuat saya pusing dan memutar otak untuk mencari solusi nya , mencari penyebab nya kenapa bisa seperti ini, Itu hanya di karenakan battrey Cmos sudah tidak ada daya !

# Suspect trouble come From C_MOS Battrey Mission Complete #


Semoga Cerita dari pengalaman saya diatas semoga dapat memberikan pencerahan untuk para pembaca sekalian, jika terdapat pertanyaan silahkan di tanyakan kepada saya . Terima kasih telah berkunjung di Blog saya.

Wassalamualaikum wr. wb 

0 Tanggapan pemirsa:

Posting Komentar